Turunkan Jumlah Perokok, Pemerintah Diminta Keluarkan Regulasi Tembakau Alternatif

Turunkan Jumlah Perokok, Pemerintah Diminta Keluarkan Regulasi Tembakau Alternatif

Satria Aji Imawan, Pengamat Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM), menilai regulasi produk tembakau alternatif yang transparan dan akuntabel diperlukan untuk menekan tingginya angka perokok Indonesia.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Ia menilai regulasi ini diperlukan untuk membedakan regulasi mereka dengan produk tembakau atau rokok. Dalam proses perumusan, diperlukan penelitian sebagai dasar pembuatan regulasi.

Penelitian ini idealnya dilakukan oleh lembaga yang kredibel yang dipercaya efektifitasnya mengingat pentingnya pengaturan produk tembakau alternatif. Transparansi dan akuntabilitas sangat penting dalam merumuskan penelitian sebagai dasar regulasi,” kata Satria di Jakarta, dikutip Antara, Senin (20/6).

Selain memenuhi kedua unsur tersebut, sebuah regulasi juga harus mencakup efektifitas dalam proses pembangunan. Selain itu, naskah ilmiah juga dapat disajikan dalam format infografis agar mudah dipahami masyarakat.

“Jadi sebelum berdebat seperti ini, masyarakat harus menerima pendapat para pengambil kebijakan yang terlibat dalam regulasi ini,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, keberadaan regulasi ini juga harus melalui kampanye produksi yang meluas. Misalnya, kampanye tentang bahaya merokok yang dapat digunakan untuk mendorong perokok dewasa untuk perlahan-lahan beralih dari rokok. Karena rokok tidak hanya menjadi kebutuhan bagi konsumen, tetapi juga menjadi bagian dari budaya dan gaya hidup banyak orang.

Langkah-langkah tersebut juga harus disertai dengan survei rutin untuk mencapai tujuan penurunan prevalensi merokok di Indonesia. Badan Pusat Statistik menemukan bahwa prevalensi merokok di Indonesia akan mencapai 28,96 persen pada tahun 2021.

Langkah mengamuk dengan menyebarluaskan informasi yang benar dan faktual sebenarnya sudah cukup berhasil di kota-kota besar, terbantu dengan adanya pergeseran konsumsi rokok ke arah produk tembakau alternatif.

Ahli bedah onkologi dari Spanyol, Fernando Fernandez Bueno, mengatakan saat ini semakin banyak pakar kesehatan masyarakat yang mendukung penggunaan produk tembakau alternatif pada perokok dewasa untuk mengurangi risiko merokok.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Namun, mereka juga khawatir bahwa banyak negara menyangkal bukti ilmiah yang berkembang tentang produk tembakau alternatif dan potensinya sebagai alternatif yang berisiko.

Oleh karena itu, kita harus terus mengomunikasikan dan meyakinkan masyarakat, termasuk para pengambil kebijakan, bahwa produk tembakau alternatif dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan untuk mengurangi kematian akibat tembakau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.