Terkuak Alasan di Balik Ide Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu

Terkuak Alasan di Balik Ide Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan mengapa pemerintah mengkaji ulang tarif masuk Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, yang ditetapkan sebesar Rp750.000 per orang. Tiket ini memungkinkan Anda untuk pergi lebih jauh ke atas Candi Borobudur.

Sandiaga Sea Uno memperhitungkan hal ini sebagai penyebab kerusakan progresif bangunan candi Borobudur. Pemerintah sendiri akan mengatur kapasitas pura sebesar 1.200 orang per hari.

Karena dapat mengurangi erosi yang menyebabkan keausan pada batu-batu di Borobudur. Pendekatan ini bukan pendekatan komersial tetapi pendekatan konservasi,” jelasnya, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Pemerintah AKAN memastikan Candi Borobudur menjadi destinasi wisata ramah lingkungan. Karena menurut laporan, Sandiaga Uno mengatakan, batu-batu di Candi Borobudur telah mengalami degradasi yang sangat drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Candi ini dibangun sekitar 1.200 tahun yang lalu, kita sangat perlu merawatnya,” ujarnya.

Sandiaga melanjutkan, bagi masyarakat yang tidak naik ke pura nantinya tetap bisa menikmati pemandangan pura melalui virtual reality. Hal ini juga dirancang oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Nantinya akan ada virtual reality agar masyarakat bisa terus menikmati dan memperluas pengetahuannya. Saya optimis dengan proses ini, Borobudur akan menjadi ikon dan kita jamin kelestariannya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.