Ini Dia Daftar Negara dengan Biaya Paspor Termahal di Dunia

Ini Dia Daftar Negara dengan Biaya Paspor Termahal di Dunia

Paspor yang merupakan dokumen berisi identitas warga negara menjadi salah satu syarat ketika seseorang hendak melakukan perjalanan internasional. Karena itu, sebelum pergi melancong ke luar negeri, jangan lupa untuk membuat paspor terlebih dahulu.

Entah ingin memulai hidup baru atau sekadar berlibur ke luar negeri, paspor pasti dibutuhkan. Sementara itu, pembuatan paspor ternyata bisa memakan biaya yang cukup mahal.

Meskipun banyak paspor berharga sekitar USD 100 hingga 160, itu bukan label harga yang kecil. Di sisi lain, ternyata masih ada paspor yang lebih mahal lagi.

Salah satunya warga negara Jepang. Baik memperbarui atau membeli paspor untuk pertama kalinya, mereka harus membayar 16.000 yen Jepang atau sekitar USD 125.

Sementara warga Selandia Baru perlu membayar NZD USD 191 atau sekitar USD 125 untuk membuat paspor baru.

Adapun pembuatan paspor untuk orang dewasa di AS akan menelan biaya setidaknya USD 165, sementara pembaruan dikenakan biaya USD 130. Sedangkan di Inggris sekitar USD 95 dan Swiss sekitar USD 150.

Lantas, bagaimana dengan biaya pembuatan paspor di negara lain?. Melansir CNN, Kamis (12/5/2022), berikut ini biaya pembuatan paspor termahal di dunia.

Rincian Negara

1. Paspor Meksiko

Memperbarui paspor di Meksiko menghabiskan biaya 3.505 peso Meksiko atau sekitar USD 170.

2. Paspor Liechtenstein

Menjadi negara terkecil keempat di Eropa dan terkecil keenam di dunia berdasarkan luas daratan, Liechtenstein terletak di antara Swiss dan Austria. Karenanya, biaya pembuatan paspor baru di negara ini bisa mencapai 256 CHF atau sekitar USD 260.

3. Paspor Kuba

Menurut pemerintah Kuba, saat membeli paspor baru secara lokal berharga 2.500 peso Kuba, sekitar USD 105. Itu dapat bertahan selama enam tahun dan paspor harus diperbarui setiap dua tahun agar tetap berlaku.

Sementara itu, setiap pembaruan akan dikenakan biaya tambahan 500 CUP, hingga tahun keenam masa pakai paspor, di mana proses pembelian paspor baru dimulai kembali. Untuk membandingkan, biaya paspor Kuba yang valid selama 10 tahun berjumlah sekitar 6500 CUP atau sekitar USD 270.

4. Paspor Australia

Penduduk yang tinggal di Australia harus membayar AUD $308 atau sekitar USD 220 untuk memperbarui paspor.

Lalu untuk warga Australia yang tinggal di luar negeri, ada biaya tambahan pemrosesan di luar negeri, sehingga total biaya menjadi USD 336 di Amerika Serikat .

5. Paspor Suriah

Paspor Suriah adalah salah satu paspor yang paling tidak kuat sekaligus menjadi salah satu yang paling mahal.

Menurut situs web Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Suriah, warga Suriah yang tinggal di luar negeri harus membayar USD 300 untuk paspor baru yang hanya akan bertahan enam tahun.

Selama rentang 10 tahun, pemegang paspor Suriah yang valid akan menelan biaya setidaknya USD 600.

6. Paspor Lebanon

Bagi warga yang tinggal di Lebanon, memperbarui paspor akan menelan biaya hingga 1.200.000 pound Lebanon, menurut Direktorat Jenderal Keamanan Umum Lebanon. Nominal itu sekitar USD 795.

Namun, ekspatriat yang memperbarui paspor di Konsulat Jenderal Lebanon New York atau Los Angeles bisa membayar hanya dengan USD 600. Mengingat Lebanon adalah salah satu dari sedikit negara yang membebankan biaya lebih kepada warga lokalnya daripada ekspatriat di luar negeri untuk memperbarui paspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.